Jumat, 14 Desember 2012

Proposal Penelitian: Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Krembung


TUGAS
METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL



PROPOSAL PENELITIAN:
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT
 DI KECAMATAN KREMBUNG











Oleh :
Ardi Perdana S.       (112020100028)




PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
2012





BAB I
PENDAHULUAN


I.1        Latar Belakang Masalah
       
            Pelayanan publik menarik untuk dicermati karena kegiatannya dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar warga negara atas suatu barang/jasa dan pelayanan administrasi yang terkait dengan kepentingan publik. Orientasi kegiatannya adalah barang-barang publik dan pelayanan publik sehingga dalam dinamika kehidupan, masyarakat yang bertindak selaku konsumen akan berhubungan atau terkait dengan kegiatan pelayanan publik. Selain itu perlu diketahui bersama bahwa sumber dana kegiatan pelayanan publik berasal dari masyarakat melalui pajak sehingga wajar apabila masyarakat mengharapkan adanya pelayanan yang baik dan berkualitas.

I.2        Rumusan Masalah
1.            Apakah ada pengaruh  kualitas pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan masyarakat?
2.            Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan masyarakat?


I.3         Tujuan dan Manfaat Penelitian

Tujuan
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  kualitas pelayanan publik Kantor Kecamatan Krembung terhadap tingkat kepuasan masyarakat di wilayah Kecamatan Krembung.

Manfaat
Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara obyektif  terkait dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di Kecamatan Krembung serta dapat digunakan sebagai tolak ukur pelayanan yang sudah dilakukan oleh Kecamatan Krembung.




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

II.1      Kerangka Dasar Teori
II.1.1  Hakekat Kepuasan Pelanggan
Menurut Tse dan Wilton, dalam M.N. Nasution (2004, 104) bahwa kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan adalah respon pelanggan terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya atau kinerja aktual produk yang dirasakan setelah pemakaiannya.
Engel dalam M.N. Nasution (2004, 104) mengungkapkan, bahwa kepuasan pelanggan merupakan evaluasi pembeli, di mana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya memberikan hasil (outcome) sama atau melampaui harapan pelanggan, sedangkan ketidakpuasan timbul apabila hasil diperoleh tidak memenuhi harapan pelanggan.
Philip Kotler (2006, 70) mengatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja atau hasil produk yang dipikirkan terhadap kinerja atau hasil yang diharapkan. Jika kinerja berada di bawah harapan, pelanggan tidak puas. Sebaliknya jika kinerja memenuhi harapan pelanggan puas. Jika kinerja melebihi harapan, pelanggan amat puas atau senang.
Dari beberapa teori yang dikemukakan dapat dikatakan bahwa kepuasan masyarakat adalah respon, evaluasi, dan tingkat emosi masyarakat terhadap pelayanan publik yang telah dinikmati pada tingkat hasil (outcome) sama atau melewati batas penilaian presepsi masyarakat.

II.1.2  Konsep Pelayanan Publik
Pelayanan publik dapat diartikan sebagai pemberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Dalam kaitannya dengan pemerintahan, kata umum atau publik mengandung arti sebagai masyarakat umum sehingga kepentingan umum diartikan sebagai kepentingan masyarakat luas, sebagaimana dikemukakan Moenir (2002:15) yang mengartikan kepentingan umum sebagai suatu bentuk kepentingan yang menyangkut orang banyak atau masyarakat, tidak bertentangan dengan norma dan aturan, yang kepentingan tersebut bersumber pada kebutuhan (hajat/hidup) orang banyak atau masyarakat.
Pemerintah pada hakekatnya adalah pelayanan kepada masyarakat tidak untuk melayani dirinya sendiri tetapi untuk melayani masyarakat, pelayanan sebagai suatu proses yang terdiri atas beberapa perbuatan/aktivitas dapat diperhitungkan, direncanakan dan ditetapkan standar waktunya.(Moenir,2002:23).



II.1.3  Pengukuran Kualitas Pelayanan
Penilaian terhadap kualitas pelayanan bukan didasarkan atas pengakuan atau penilaian dari pemberi pelayanan, tetapi diberikan oleh langganan atau pihak yang menerima pelayanan. Namun demikian, tidak ada suatu standar yang dapat dipakai sebagai ukuran umum tentang kualitas pelayanan. Hal ini disebabkan unsur subyektivitas dalam diri penerima pelayanan, seseorang mungkin menilai suatu pelayanan yang diterimanya sudah memuaskan tetapi belum memuaskan bagi orang lain.
Pelayanan publik sudah seharusnya memperhatikan kualitas pelayanan karena pelayanan yang baik adalah awal bagi tumbuhnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, yang selanjutnya akan menjadi penentu pemberdayaan masyarakat. Dalam konteks ini, pengukuran mengenai kualitas pelayanan merupakan perbandingan antara pelayanan yang diharapkan dengan pelayanan yang diterima. Dalam metode pengukuran ini, penilaian masyarakat selaku konsumen berperan penting dalam mengukur kualitas pelayanan publik. Menurut Parasuraman (1990 : 23), pengukuran kualitas pelayanan publik didasarkan pada indikator-indikator:
1.      Tangibles, artinya kualitas pelayanan yang berupa sarana fisik perkantoran, ruang tunggu, dan lain-lain;
2.      Reliability, yakni kemampuan dan keandalan untuk menyediakan pelayanan yang terpercaya;
3.      Responsiveness, yakni kesanggupan untuk membantu dan menyediakan pelayanan secara cepat dan tepat, serta tanggap terhadap keinginan konsumen;
4.      Assurance, yakni kemampuan dan keramahan serta sopan santun pegawai dalam meyakinkan dan menumbuhkan kepercayaan konsumen;
5.      Emphaty, yakni sikap tegas tetapi penuh perhatian dari pegawai terhadap konsumen.

II.2      Kerangka Konseptual Penelitian
Masyarakat selalu berharap untuk mendapatkan kepuasan yang optimal terutamadalam hal kualitas pelayanan publik. Dengan semakin tinginya kualitas pelayanan  publik maka kepuasan masyarakat terhadap instansi pemerintah terpenuhi.
Berdasarkan hal diatas, pengertian kepuasan masyarakat, pelayanan publik, kualitas pelayanan, maka kerangka konseptual penelitian dapat dirumuskan, bahwa kepuasan masyarakat ditentukan oleh kualitas pelayanan, sehingga diduga ada hubungan antara kepuasan masyarakat dengan kualitas pelayanan





II.3      Hipotesis
Dari penjelasan kerangka konseptual yang ada, maka dibuat hipotesis dari penelitian, sebagai berikut:

Ho          : ρ = 0, Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan Publik (X) terhadap Kepuasan masyarakat (Y) pada Kantor Kecamatan Krembung
H1          : ρ ≠ 0, Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan Publik (X) terhadap Kepuasan masyarakat (Y) pada Kantor Kecamatan Krembung

Melihat dari dua hipotesis tersebut, maka peneliti mengambil salah satu hipotesis untuk penelitian ini bahwa:

H1         : ρ ≠ 0, Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan Publik (X) terhadap Kepuasan masyarakat (Y) pada Kantor Kecamatan Krembung


















BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

III.1     Pendekatan Penelitian
           Dalam penelitian ini penulis melakukan analisa terhadap 2 variabel, yaitu variabel (X) “Kualitas Pelayanan Publik” dan (Y) “Tingkat Kepuasan Masyarakat” pada Kantor Kecamatan Krembung. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Metode Penelitian Kuantitatif Asosiatif.


III.2     Lokasi Penelitian
            Kegiatan penelitian ini dilakukan di Kantor Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo


III.3     Populasi dan Sampel Penelitian
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek / subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Dari penjelasan diatas maka penulis mengambil populasi pada seluruh
penduduk yang terdaftar resmi sebagai masyarakat di wilayahKecamatan Krembung yang melakukan pelayanan di Kantor Kecamatan Krembung.
Teknik sampling yang digunakan yaitu dengan menggunakan SamplingInsidental..
“Dikatakan sampling insidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/incidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Sugiyono
(2008 : 85)
Semakin besar sampel makin besar nilai n = banyaknya elemen sampel akan memberikan hasil yang lebih akurat. Karena itu dalam penelitian ini akan diambil 100 orang responden terdaftar resmi sebagai masyarakat di wilayah Kecamatan Krembung


III.4 Teknik Pengumpulan Data
Untuk penelitian kuantitatif dengan judul  “Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Krembung” ini, data dikumpulkan dengan cara membagikan Kuesioner (Angket) merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya. Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang efisien bila peneliti tahu dengan pasti variabel yang akan diukur dan tahu apa yang bisa diharapkan dari responden (Sugiyono,2008:142)
III.5 Teknik Analisis Data

           Apabila pengumpulan data sudah dilakukan, maka data yang sudah terkumpul harus diolah dan di analisis. Dalam pengolahan data ada beberapa langkah yang harus dilakukan antara lain:
1.               Editing. Hal ini berarti bahwa semua data yang diperoleh diteliti tentang kelengkapan dan kejelasan jawaban dari butir-butir pertanyaan yang telah dibuat.
Adapun proses editing yang dilakukan adalah:
a)      Kelengkapan pengisian terhadap semua pertanyaan dalam angket.
b)      Tulisan yang tertera harus dapat dibaca.
c)      Kalimatnya harus jelas maknanya sehingga tidak menyebabkan kesalahan dalam menafsirkan.
d)     Apakah jawaban-jawaban responden cukup logis dan terdapat kesesuain antara jawaban yang satu dengan yang lainnya.
e)      Jawaban harus relevan dengan pertanyaan.

2.               Coding dan Scoring, merupakan usaha mengklasifikasi atau mengelompokkan jawaban responden berdasarkan macamnya, dengan cara memberikan kode terhadap jawaban responden dalam kuesioner sesuai dengan kategori masing-masing, kemudian diberikan skor dengan menggunakan skala likert.

3.               Koefisien Determinasi
Untuk menghitung besarnya pengaruh antara variabel X (kualitas pelayanan publik) dengan variabel Y (tingkat kepuasan masyarakat), kemudian dapat dilakukan dengan cara menghitung koefisien determinasi dari jumlah korelasi product moment yang sudah dihitung, dengan cara mengkuadratkan koefisien yang ditemukan.

4.               Signifikansi Korelasi Produk Moment
Untuk menguji signifikansi pengaruh (Sugiyono,2008:184) yaitu apakah hubungan yang ditentukan itu berlaku untuk seluruh populasi yang berjumlah 100 orang, maka perlu diuji signifikansinya. Rumus uji signifikansi korelasi produk moment (sugiyono,2008:184) sebagai berikut:








Setelah diuji harga “t” hitung, maka signifikansi ditentukan dengan “t” table dengan tingkat kesalahan 5% maka apabila:

Ho : ρ = 0 : Berarti tidak ada pengaruh yang signifikan
H1 : ρ ≠ 0 : Berarti ada pengaruh yang signifikan

Selanjutnya untuk menetukan tingkat koefisien variabel yang dianalis diatas maka digunakan interpretasi atau pedoman koefisien korelasi menurut buku Metode Penelitian Kuntitatif dan Kualitatif Dan R&D (Sugiyono,2008:184) sebagai berikut:

Tabel 3.3
Interpretasi Koefisien Korelasi









166 komentar:

  1. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya ??
    ke alamat email ayudiankusuma@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mntak file nya?

      Hapus
    2. ka judul Buku yang di jadikan referensi nya apa saja ?

      Hapus
    3. boleh nanya referensi dari buku apa aja . tks

      Hapus
    4. Kak boleh kirim Selengkap nya?

      Hapus
    5. Boleh minta file lengkapnya? Tolong kirim ke amal triiaudensia@mail.com
      Mkasih

      Hapus
    6. gan,,minta filenya dong kirim ke email saya," riskyandaditya85@gmail.com,,trima ksih sbslumnya,,

      Hapus
    7. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya ?? ke alamat e-mail rahmiaga17@gmail.com terimakasih, semoga kebaikan mas ardi dibalas allah, amin.

      Hapus
    8. Mohon ma'af kaka bisa minta kirim filenya ko kaka....trm ksh..

      Hapus
    9. kak boleh minta file lengkapanya ?
      ke alamat email sfyraa.0l6@gmail.com
      terimakasih kak

      Hapus
  2. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya ??
    ke alamat email fiimr232@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  3. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya ??
    ke alamat email erlangga.beach@gmail.com
    terimakasih, semoga allah membalas kebaikan anda, amiin.

    BalasHapus
  4. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya ?? ke alamat e-mail diannurulrosidah@gmail.com terimakasih, semoga kebaikan mas ardi dibalas allah, amin.

    BalasHapus
  5. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya ?? ke alamat e-mail bayu.pastika.bp@gmail.com terimakasih mas ardi, amin

    BalasHapus
  6. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya. ke alamat email. candraputra769@gmail.com
    .mohon bantuannya

    BalasHapus
  7. mau file lengkapnya dong claudyaanisakoljaan@gmail.com

    BalasHapus
  8. Tolong kirimkan file lengkapnya yaa
    Ke email
    Teddyphilander22@gmail.com

    BalasHapus
  9. bisa tolong kirim file lengkapnya dong ke email rosantimirnaningtyas@gmail.com

    terimakasih

    BalasHapus
  10. bisa minta tolong kak, kirimkan file lengkapnya ?? ke alamat e-mail asrina1d_43142028@yahoo.co.id terimakasih kak :)

    BalasHapus
  11. boleh tlong kirimkan file lengkap nya ke email nurfaridha@yahoo.com
    trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh bagi aku? Filenya

      Hapus
    2. asalamualaiqum ka.ka boleh bagi emailnya kirim ke email zahraptrizp@gmsil.com

      Hapus
    3. Kak boleh kirimkan file lengkapnya ke email sharah010100@gmail.com

      Terimah kasih

      Hapus
  12. Boleh minta tolong kirimkan file lengkap nya ke email amalia.rizqi95@yahoo.co.id
    Terima kasih

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Boleh minta tolong kirimkan file lengkap nya ke email amalia.rizqi95@yahoo.co.id
    Terima kasih

    BalasHapus
  16. Minta tolong file lengkap ke email fauzanking45@gmail.com sebelumnya terima kasih smg Allah mmbalas aamiin

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. bisa kirim.lengkap file ke opiyulianti11@gmail.com?terimksih

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. gan bs krim file lengkap dunk ke fakhrurrazirazi77@gmail.com

    BalasHapus
  21. gan bs krim file lengkap dunk ke fakhrurrazirazi77@gmail.com

    BalasHapus
  22. bisa kirim file lengkapnya ke karyono500@gmail.com

    BalasHapus
  23. Bisa kirim file lengkapnya ke mariakristianisitunorang80@gmail.com

    BalasHapus
  24. bisa kirim file lengkapnya ke perdi_m@yahoo.co.id

    BalasHapus
  25. bisa kirim file lengkapnya ke perdi_m@yahoo.co.id

    BalasHapus
  26. Bisa kirim file lengkapnya ke mariakristianisitumorang80@gmail.com

    BalasHapus
  27. Maaf sebelumnya kak, bisa minta file lengkapnya di krim di email sya, fauzianaabdwahab@gmail.com

    BalasHapus
  28. Maaf sebelumnya kak, bisa minta file lengkapnya di krim di email sya, mithanovesti@yahoo.co.id terimakasih sebelumnya kak

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. tolong kirimkan file lengkapnya dong ke riancastelo31@gmail.com

    BalasHapus
  31. kak maaf sebelumnya, bisa minta tolong kirimin file lengkapnya ke ida.ome123@gmail.com trima kasih sebelumnya,, semoga kebaikan kak menjadi berkah buat banyak orang.

    BalasHapus
  32. ka boleh minta data lengkapnya gk kirim ke dilahn41@gmail.com

    BalasHapus
  33. kak, tolong kirimkan file lengkapnya ya. ke hartatioktafiana296@gmail.com

    BalasHapus
  34. kak tolong dong kirimkan file lengkapnya ke emyutami59@gmail.com tolong ya kak, terimakasih banyak :)

    BalasHapus
  35. kak tolong kirimkan file lengkapnya ke alamat ini kak amelia.oob264@gmail.com

    sebelumnya terima kasih kk..

    BalasHapus
  36. tolong kirimkan file lengkapnya ke alamat email saya bang dede.adhe.da@gmail.com

    makasih banget sebelumnya ^_^

    BalasHapus
  37. Kirimin file lengkapnya dong gan rahmat.sp95@gmail.com

    BalasHapus
  38. Bisa minta file lengkapnya ke email sya andriyantoecare@gmail.com
    Trimakasih

    BalasHapus
  39. minta file dong kirimkan ya tolong. deddymagang@gmail.com

    BalasHapus
  40. minta tolong kirimin file lengkapnya di Septianjayanti@gmail.com

    BalasHapus
  41. minta file lengkapnya dong? ke @anatolaaldorino@gmail.com

    BalasHapus
  42. Boleh minta tolong kirimkan file lengkap nya ke emailnya ke ad2965wg@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  43. tolong kirimin file lengkapnya ke email saya gan kevinjackson190@gmail.com
    thanks gan

    BalasHapus
  44. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya ??
    ke alamat email yordaalex32@gmail.com makasih banget sebelumnya

    BalasHapus
  45. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya ??
    ke alamat email yordaalex32@gmail.com makasih banget sebelumnya

    BalasHapus
  46. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya ?? ke alamat email: ismailkhaerul66@gmail.com

    BalasHapus
  47. boleh minta file lengkapnya bang..
    ke alamat email: gelleyenk.boy@gmail.com

    BalasHapus
  48. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya ?? ke alamat email: agunggilang78@gmail.com
    makasih banyak

    BalasHapus
  49. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya ??
    ke alamat email ikhwanikhwan270@gmail.com
    terimakasih, semoga allah membalas kebaikan anda, amiin.

    BalasHapus
  50. Bisa minta kirim file lengkapnya ke email penakterus.yp@gmail.com terimakasih sukses terus

    BalasHapus
  51. bolehkah minta file lengkapnya? ke email byultwosan88@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  52. Bisa minta kirim file lengkapnya ke email saidurrahman3886@gmail.com terimakasih semoga lebih bermanfaat

    BalasHapus
  53. Bisa minta tolong kirim filenya ke estikartika75@gmail.com. terimakasih sebelumnya. semoga sukses terus ya.

    BalasHapus
  54. Gan minta tolong kirimin filenya ke wiwin.ptk16@gmail.com
    Terimakasih ya sebelumnya

    BalasHapus
  55. Tolong kirim file lengkap nya
    Arifmunandar7777@gmail.com

    Balas

    BalasHapus
  56. Tolong kirim file lengkap nya
    Arifmunandar7777@gmail.com

    Balas

    BalasHapus
  57. Maaf mengganggu bang. Bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya bang?
    Jhoniprasetiyo13@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  58. Bisa minta file lengkap nya ��
    Tiaranoerkhasaroh@yahoo.com

    BalasHapus
  59. Bisa minta file lengkapnya ka?
    halimahjune@gmail.com

    BalasHapus
  60. Assalamualaikum ka..
    Maaf sebelumnya boleh saya minta file lengkapnya? Bisa dikirim ke alamat email ini ya ka dinnyhidayati16@gmail.com . Terimakasih sebelumnya 😊

    BalasHapus
  61. Kk boleh minta file lengkap nya?
    Bisa kirim ke alamat email ini abadiyaholivia@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  62. Assalamualaikum ka..
    Maaf sebelumnya boleh saya minta file lengkapnya? Bisa dikirim ke alamat email ini ya ka julian_nurdiansyah@yahoo.com . Terimakasih sebelumnya 😊

    BalasHapus
  63. Ka, boleh minta file lengkapnya?
    Bisa kirim ke alamat Email saya dewishintafisip@gmail.com Terimakasiih :-)

    BalasHapus
  64. bisa minta tolong krm file lengkapnya di emai saya meliantyriska@gmail.com

    BalasHapus
  65. thank you semoga bermanfaat

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum.. bisa minta file lengkapnya.. minta tolong di kirim ke email fhamdi43@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  67. Assalamualaikum.. bisa minta file lengkapnya.. minta tolong di kirim ke email fhamdi43@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  68. Assalamualaikum.. bisa minta file lengkapnya.. minta tolong di kirim ke pyoing23@gmail.com

    BalasHapus
  69. Assalamualaikum.. bisa minta file lengkapnya.. minta tolong di kirim ke pyoing23@gmail.com

    BalasHapus
  70. Minta tolong dong kirim lanjutannya ka' soalnya buat tugas ahir �� yuri05.jm@gmail.com

    BalasHapus
  71. bisa minta filenya tolong kirim ke alamat email ini
    apifsolehudin04@gmail.com

    BalasHapus
  72. Assalamualaikum.
    Numpang baca untuk input pemikiran baru ttg penelitian sosial,kualitas pelayanan dan kepuasan publik. Tq

    BalasHapus
  73. Assalamualaikum.
    Numpang baca untuk input pemikiran baru ttg penelitian sosial,kualitas pelayanan dan kepuasan publik. Tq

    BalasHapus
  74. bisa minta filenya tolong kirim ke alamat email ini
    momongannortalita@gmail.com

    BalasHapus
  75. Assalamualaikum. Bisa minta file lengkapnya? Tolong kirim ke alamat email fannyj227@gmail.com

    BalasHapus
  76. Assalamualaikum, boleh minta file lengkapnya ? minta kirimin ke email priyantoagus210897@gmail.com, terimakasih

    BalasHapus
  77. Gan bolen minta file lengkapnya, kirim ke email saya ya gan ini email nya abangdy03@gmail.com

    BalasHapus
  78. Assalamualaikum, mas bisa kirim file lengkapnya kah ke email saya, ini email nya nugiefadillah24@gmail.com

    BalasHapus
  79. Bang boleh minta file lengkapnya
    Azyzabdul08@gmail.com

    BalasHapus
  80. bisa minta tolong kirim file lengkapnya di email saya dong, di djimmynoberto@gmail.com

    BalasHapus
  81. ka bisa kirim file lengkapnya nggk ke email dederahmawati66@gmail.com?

    BalasHapus
  82. Mohon Izin,.. Maaf sebelumnya kak, jika berkenan mohon bantuan untuk bisa minta file lengkapnya di kirim di email sya, margajaya6@gmail.com. Terimakasih

    BalasHapus
  83. Mohon izin kak.. maaf sebelumnya bisa kirim file lengkapnya nggak ke email astinseptiani6@gmail.com, terimakasih

    BalasHapus
  84. kirim file lenkpnya dong

    BalasHapus
  85. Ka, bolrh minta kirim file lengkapnya? ke email ardifarissyin@gmail.com

    BalasHapus
  86. asslm.
    bisa minta file lengkapnya bang. kirim aja ke garfary@gmail.com. tks
    semoga berkah selalu tersmpaikn krna membantu sesama . amin

    BalasHapus
  87. Asslm Bisa dikirim filenya ke subarlingblk@gmail.com

    BalasHapus
  88. Boleh mnta kirim file lengkapnya ke snyeni63@gmail.comgk?

    BalasHapus
  89. selamat malam ,boleh tolong kirimkan file lengkapnya gmail:Mustikaleni1997@gmail.com

    BalasHapus
  90. maaf sebelumnya, bisa minta tolonng kirimkan file lengkapnya ke email ini min octhasusiani06@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  91. bisa minta tolong kirim feile lengkapnya ke hariszumara94@gmail.com kebaikan mass semoga di balas allah s.w.t amiin

    BalasHapus
  92. hallo ka bisa minta file lengkapnya ke email seringanangin@gmail.com

    BalasHapus
  93. Assalamu'alaikum bisa minta file lengkapnya

    BalasHapus
  94. Bisa mintak file lengkapnya kak ke email saya virdaanita17@gmail.com

    BalasHapus
  95. bisa minta tolong kirimkan file lengkapnya ??
    ke alamat email asepalisomantri@gmail.com
    terimakasih, semoga allah membalas kebaikan anda, amiin

    BalasHapus
  96. Assalamualaikum kak tlog kirimi file nya dong reskyhayati45@gmail.com

    BalasHapus
  97. ka bisa minta file nya.kirim ke endrak44@gmail.com

    BalasHapus
  98. assalamualaikum kak.. kak boleh minta file lengkap nya gak kak.. klo boleh kirim ke email saya ya kak.. darasuciarita@gmail.com

    BalasHapus
  99. assalamualaikum kak.. kak boleh minta file lengkap nya gak kak.. klo boleh kirim ke email saya ya kak.. darasuciarita@gmail.com

    BalasHapus
  100. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  101. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  102. assalamualaikum kak, boleh minta tolong dikirimkan file aslinya ke email saya? srymusrifa@gmail.com

    BalasHapus
  103. Boleh minta filenya krim ke putryluph24@gmail.com

    BalasHapus
  104. assalamualaikum, kak boleh share file nya ke mariabundha29@gmail.com terima kasih semoga allah yang membalasnya amiin

    BalasHapus
  105. permisi, boleh share file lengkap nya mas ke email saya casirinirin@gmail.com
    terima kasih mas 🙏

    BalasHapus
  106. assalamualaikum, mas ardi boleh share file lengkapnya ke email baiqrihayatul5@gmail.com
    terimakasih mas

    BalasHapus
  107. Kak boleh share file lengkapnya ke email hard.r1999@gmail.com.
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  108. Assalamualaikum, mas ardi boleh share file lengkapnya ke email agungrns16@gmail.com
    terimakasih mas

    BalasHapus
  109. Kirim file lengkapnya Pak di nefranszal@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  110. Bisa minta file lengkapnya mas ke rododamanik03@gmail.com

    BalasHapus
  111. toni fajri03/07/19, 20.18

    Kak boleh share file lengkapnya ke email jeremytonifajri@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  112. Bisa minta tlong krm kan ke emain saya mba terima kasih

    BalasHapus
  113. Assalamualaikum wr.wb.
    boleh minta tolong share file lengkapnya ke email saya onelsector@gmail.com terima kasih

    semoga Allah SWT selalu memberikan kelancaran kepada anda :)) Wassalam

    BalasHapus
  114. Boleh minta file lengkapnya kak ke email
    Meldasanti0@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  115. Sudah di kasih file nya pa blm

    BalasHapus
  116. Boleh minta file lengkapnya kak ke email muzsyavik@gmail.com

    BalasHapus
  117. Kak minta file lengkapnya ke email
    Ovanzendrato98gmail.com

    BalasHapus
  118. Kak minta file lengkapnya ke email
    Ovanzendrato98@gmail.com

    BalasHapus
  119. kak boleh minta file lengkapnya hehe

    BalasHapus
  120. kak,referensi buku nya apa aja?trus bisa mnta file lengkapnya kirim ke hendra23kenkyo@gmail.com..pleaseee sngt butuh sbg referensi...trima kasih

    BalasHapus
  121. Minta file lengkapnya dong kak, ke jefrendilubis@gmail.com

    BalasHapus
  122. Kak mohon dikirim ke nenyengel2017@gmail.com lengkapnya ....

    BalasHapus
  123. Kak, bisa kirimkan file lengkapnya ke suciistiqomah0214@gmail.com buat referensi TA🙏

    BalasHapus
  124. Kak, bisa kirimkan file lengkapnya ke suciistiqomah0214@gmail.com buat referensi TA🙏

    BalasHapus
  125. Assalamualiqum
    Ka sngat aku butuh bantuan kk

    BalasHapus
  126. Min krim ke email acepheup167@gmail.com

    BalasHapus
  127. Min boleh krim filenya ke alamat haikalmoidady046@gmail.com

    BalasHapus
  128. Boleh minta tolong kirim filenya ke asepnowidodo@gmail.com

    BalasHapus
  129. Boleh minta tolong kirim filenya ke ninarosdiana85@yahoo.com. terimakasih

    BalasHapus
  130. Assalamualaikum kak bisa minta file nya kirim ke nonikasafitri18@gmail.Com

    BalasHapus
  131. Assalamualaikum kak bisa minta file nya kirim ke nonikasafitri18@gmail.Com

    BalasHapus
  132. Assalamualaikum kak bisa minta file nya kirim ke nonikasafitri18@gmail.Com

    BalasHapus
  133. Livia Hermani11/12/19, 10.06

    maaf kak boleh minta filenya untuk bahan referensi saya melakukan penelitian dengan metode kuantitatif, tolong kirim ke email liviahermani04@gmail.com

    BalasHapus
  134. Assalamualaikum.. kak maaf bisa minta file nya kah? tolong kirim ke email bag.tapemlumajang@gmail.com

    BalasHapus
  135. ASSALAMUALAIKUM, KK BISA MINTA FILE NYA KAH ? TOLONG KIRIM KE EMAIL SINI YAH KK dindasyadin@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  136. assalamualaikum, boleh minta file lengkapnya kak ? dikirim ke email ini agungrahardi48gmail.com

    BalasHapus
  137. Kak minta file lengkap nya, kirim ke ziecink4615@gmail.com

    BalasHapus
  138. kak bisa minta tolong kirim file aslinya di email rahayuyuli82@gmail.com

    BalasHapus
  139. Kak Bisa Minta File Aslinya Dan Di Krim Ke Email antonetatupanwael@gmail.com

    BalasHapus
  140. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  141. kak bisa mintak tolong kirimkan file aslinya ke email putriputaulia36@gmail.com

    BalasHapus
  142. Kak bisa minta tolong kirimkan file aslinya ke emain ghufronnajibb@gmail.com

    Terimakasih kak.

    BalasHapus
  143. assalam kk, boleh minta kirim file aslinya ke email felia13putri@gmail.com ngga kk?

    BalasHapus
  144. maaf sebelumnya, bisa tolong kirimkan file lengkapnya? kalo bisa tolong kirimkan di email nanoauriyy@gmail.com

    BalasHapus
  145. Aslamualaikum wr.wb
    Boleh minta tolong kirimkan file lengkap nya ke email : arwan.forester204@yahoo.com

    BalasHapus
  146. Assalamualaikum wr. Wb
    Boleh minta tolong kirimkan file oengkap nya ke email: Asryusaeda@gmail.com

    BalasHapus
  147. Assalamualaikum wr.Wb
    Boleh minta tolong kirim file lengkap nya ke email: nurulasra71@gmail.com
    terimakasi

    BalasHapus
  148. as'salamualaikum wr.wb
    boleh saya minta tolong kirimkan file lengkapnya ke email : rifaiandri949@gmail.com

    BalasHapus
  149. Boleh minta file lengkapnya

    BalasHapus
  150. Assalamualaikum wr.Wb
    Boleh minta tolong kirim file lengkap nya ke email: dodiarnan28@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  151. kak boleh minta tolong kirimin file lengkapnya ke email : raisaputryyy@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus

 
;